Saturday, December 09, 2006

IT'S TIME TO CHANGE

Seorang member milis Motivasi Nurani Indonesia mengirimkan email kesaya.Sebut saja namanya Anton (bukan nama sebenarnya), karena dia tidak ingindisebutkan namanya di milis. Berikut ini emailnya:" Selamat pagi Pak Eko Jalu, saya anggota milis MotivasiIndonesia, sejakada artikel mengenai Menjadi Orang Paling Baik, sampai sekarang saya selalumenyimpan dan membaca artikel-artikel Pak Eko Jalu. Saya senang sekalidengan artikel-artikel tsb, saya juga sedang menunggu bukunya Pak Eko Jaluditerbitkan .
Saya sangat terinspirasi dari artikel-artikel bapak dan saya juga senangmemikirkan orang lain, bersama-sama teman-teman di lingkungan perumahansaya. Saya juga selalu berusaha bersyukur bahwa saya sudah punya rumahsendiri, punya istri dan anak yang lucu sekali, punya lingkungan kerja dandan lingkungan rumah yang bisa menerima saya dan keluarga saya.Namun ada hal yang sangat mengganjal, saya merasa tidak ‘sukses’ dan telah'gagal' selama ini. Pekerjaan saya statis selama 10 tahun, tidak adaperkembangan yang berarti dan masih berada di posisi yang sama. Saya lulusanD3 Akuntansi, namun saya bekerja sebagai administrasi di suatu departmentengineering. Saya sudah berusaha optimal membantu dan berkarya di tempatkerja saya. Saya bekerja keras, meluangkan banyak waktu, bahkan kadangmengorbankan waktu keluarga dengan harapan dapat meningkatkan kehidupansaya, tetapi kenyataannya tidak ada perubahan yang berarti. Nampaknya systemkarir & system kompensasi di perusahaan saya tidak mendukung. Sehinggakondisi ekonomi saya selalu 'pas-pasan' dan cenderung kurang. Hingga kinisaya belum bisa membantu orang tua, selain hanya menghubungi lewat telpon.
Saya benar-benar ingin sekali mengubah keadaan saya, tapi saya tidak tahuharus mulai dari mana dan melakukan apa. Saya tidak mempunyai keahliankhusus, pengendalian emosi saya kurang baik, umur saya sudah 31 tahun,bilamana mencari pekerjaan baru harus bersaing dengan anak-anak muda yanglebih creative & productive . Saya mohon bantuan di sela kesibukan Pak EkoJalu untuk sekiranya dapat memberikan pencerahan. "Mungkin masalah diatas tidak asing dan mudah ditemukan di lingkungan sekitarkita. Mungkin ada diantara kita bahkan yang terjebak dalam situasikehidupan yang sama seperti diatas. Kita seolah-olah sudah berusaha bekerjakeras dengan harapan akan mampu mengangkat kehidupan kita ke taraf yanglebih baik, tetapi nampaknya tidak ada perubahan berarti. Semakin kitabekerja keras, semakin kita tidak mempunyai waktu, untuk diri kita sendirimaupun keluarga. Dan pada satu titik tertentu, mungkin kita akan merasafrustasi, karena semua kerja keras yang kita lakukan tidak bisa memberikanharapan seperti yang kita inginkan .
Sedangkan ketika kita menengok kehidupan orang lain, si Hendra teman kuliahdulu yang nggak pintar-pintar amat, kini sudah menduduki posisi AsistenMarketing Direktur, si Yanti yang dulunya lugu, kini sudah punya usahaboutik yang berkembang pesat, dll. Bahkan terkadang anak buah kita dulu,kini sudah melampaui posisi kita saat ini, entah dalam kehidupan kariermaupun dalam kehidupan ekonomi. Kalau sudah demikian, kemudian kita menjadifrustasi dan merasa menjadi orang yang tidak sukses atau gagal.
Kalau kita berada dalam situasi yang demikian, maka "It's Time To Change".Ini saatnya untuk berubah. Pertanyaannya apanya yang harus diubah ? Banyakorang berpendapat, bahwa berubah itu berarti berganti pekerjaan atau pindahperusahaan. It's ok. Mungkin bagi beberapa orang hal ini bisa memberikanharapan lebih baik. Tapi mungkin bagi sebagian orang yang lain, ternyatahanya memberikan harapan semu sementara saja. Karena ternyata di perusahaanyang baru tersebut, setelah beberapa saat mereka menemukan hal-hal baru yang`menjebak' mereka seperti kisah teman diatas. Lalu mereka mulai stress, dankembali terjebak dalam kehidupan yang semula.Kalau demikian apanya yang harus diubah ?. Yang harus diubah adalah 'dirikita sendiri'. Perubahan itu harus dimulai dari dalam diri kita, bukan dariluar.
Cobalah renungkan beberapa pertanyaan dibawah ini, mungkin Anda akanmenemukan sesuatu yang harus diubah dari dalam diri Anda :
- Bagaimana dengan cara kerja anda, sudahkah anda bekerja secara kreatif,efektif dan efisien ?
- Bagaimana dengan cara pandang anda terhadap pekerjaan ?
- Apakah andaberpikir bahwa pekerjaan yang anda lakukan adalah beban, ataukah sebuahkesenangan, atau sebagai ibadah ?
- Apakah anda merasa sudah mentok dan tidak ada kesempatan untukmeningkatkan karier, Ataukah anda berusaha menciptakan kesempatan itu,dengan prestasi kerja tertentu, misalnya ?
- Apakah anda lebih suka menggosipkan bagaimana `pelit'nya perusahaanterhadap anda ataukah anda lebih suka memikirkan, bagaimana perusahaan andabisa tumbuh dan berkembang seperti sekarang ?
- Apakah anda lebih suka menggosipkan bagaimana rekan anda yang `pandaimenjilat' sehingga prestasinya melesat, Ataukah anda belajar, prestasiapakah yang telah dia ciptakan sehingga cepat maju ?
- Apakah Anda sudah berusaha meningkatkan diri, melalui berbagai kesempatanbelajar dan training, misalnya ?
- Dll.Hanya diri kita masing-masing yang bisa menjawab hal ini dengan jujur. Kalaukemudian Anda sudah menemukan berbagai jawaban itu dengan jujur, mulailahmelakukan perubahan dari dalam diri Anda, sebelum mengharapkan adanyaperubahan dari luar.
Saran Dan Aplikasi Untuk Melakukan Perubahan menuju keberhasilan:
1. Tanamkan keyakinan bahwa sukses itu dimulai dari dalam hati dan pikirankita sendiri.
2. Bayangkan atau imajinasikan dengan gambar yang jelas, sejernih kristalkeinginan yang ingin Anda raih dalam waktu 2-5 tahun yang akan datang.Jadikanlah impian ini menjadi sebuah tujuan kesuksesan Anda.
3. Tetapkan alasan yang kuat, mengapa anda menginginkan tujuan kesuksesanitu. Mengapa impian itu sangat penting bagi Anda. Memiliki alasan yang kuat,dapat menciptakan "Stroing Desire", motivasi yang tinggi untuk mencapainya.
4. Sincere Belief. Meyakini bahwa Anda pasti bisa mencapai tujuan impiankesuksesan Anda dalam 2-5 tahun mendatang.
5. Enthusiastic Action .Lakukanlah kegiatan dengan bersemangat dan kerjakeras. Salurkan seluruh energi dari dalam diri Anda untuk selalu fokus padakegiatan yang ada hubungannya dengan pencapaian impian Anda tersebut.
6. Tawakal Kepada Allah. Imbangi setiap usaha lahiriah, semangat tinggi,kerja keras dengan usaha batiniah, senantiasa bertawakal dan memohon kepadaAllah. Karena Allah adalah pemilik kesuksesan.Selamat berjuang. Salam Motivasi Nurani Indonesia.
Sumber: It's Time To Change
Oleh Eko Jalu Santoso,
Founder Motivasi NuraniIndonesia

No comments: