Friday, December 18, 2009

Jamur, Akankah Menjadi Masa Depan?


Waktu berlalu begitu laju, berpuluh tahun telah berlalu. Yang mendominasi terlalui dengan hal yang sia-sia. Kalaupun ada sisi yang berguna telah lewat dengan asa yang berserakan karena kegagalan. Tapi ada pelajaran yang bisa menjadi senjata, bahwa sukses ada harganya.

Setelah bebagai hal yang saya kerjakan tidak menghasilkan seperti yang diharapkan. Hari ini ada keinginan kuat untuk memulai lagi. Menjadi petani…setelah berulang kali gagal menjadi pedagang.

Berawal dari obrolan dengan kawan lama diujung telepon yang menawarkan jamur. Dan ada informasi dari kawan kerja kalau di Tanjung Piayu ada seorang petani jamur yang sedang memulai budidaya jamur. Pikiran terusik…mungkinkah di Batam bisa dikembangkan menjadi daerah budidaya jamur.

Ada keinginan kuat untuk mencoba bertani jamur. Mungkin esok aku harus mengunjungi petani jamur itu untuk belajar. Kini aku amati lahan kosong di belakang rumah, sepertinya cukup untuk memulai. Di ruli sebelah perumahan juga terlihat satu rumah reot tak berpenghuni yang bisa dimanfaatkan sebagai kubung.

Kini perlu niat besar dan kuat untuk merajut mimpi lagi. Mudah-mudahan mimpi buruk masa lalu tak akan menghantui lagi. Tapi akan jadi kekuatan sebagai pembelajaran untuk meraih mimpi yang pernah tertunda. Amiin…

2 comments:

kifli said...

mas, saya juga dibatam. masih jadi pegawai, pengen juga bisa pindah jalur, tapi mungkin belum ada keinginan yang kuat..
salut dengan semangat juang sampeyan, semoga sukses

Revie Hapsari said...

Benar sekali, dan Cara Menghilangkan komedo ini semoga bisa menjadi inspirasi