Monday, April 21, 2008

Untuk Eddy Zaqeus : Menulis dari Imajinasi

Hallo Mas Edy Zaqeus,

Salam kenal, Nama saya Wahyudi umur 32 thn, Status sebagai karyawan PMA di Batam. Selain sebagai karyawan saya juga pernah mempunyai beraneka macam usaha sambilan, seperti : Warung kelontong, warung Bakso & Mie ayam, warung tenda pinggir jalan, Usaha busana muslim sampai jualan lontong sayur & pulsa elektrik diteras rumah. Tapi semua usaha sambilan ini belum berhasil, malah sementara ini semuanya masuk pit stop. Sehingga tabungan yang selama ini saya kumpulkan tergerus karena kegagalan itu.

Semua itu saya lakukan karena keinginan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari usaha sendiri, tidak selalu kerja pada orang lain, keinginan untuk bebas secara finansial dan keinginan untuk menolong orang lain membuka lapangan kerja ( saya sempat mempekerjakan 3 karyawan). Usaha sambilan itu saya lakukan mungkin disebabkan oleh provokasi dari buku-buku yang saya baca, Mulai dari Kiyosaki sampai mas Edy sendiri dengan buku Anda "Resep Cespleng Berwirausaha". Tapi saya tetap mencoba untuk berpikir positif bahwa yang sudah saya alami adalah proses pembelajaran yang akan menjadi modal bagi saya untuk meniti masa depan yang lebih baik. Amiin..

Saya tahu Mas Edy Zaqeus dari buku yang saya baca "Resep Cespleng Berwirausaha", yang saya beli diawal-awal saya memulai usaha sambilan. dari situlah saya tahu situs Pembelajar.com. Saya sempat membaca artikel-artikel yang ada di pembelajar.com, tetapi karena kesibukan kerja dan menjalani usaha sambilan akhirnya tidak pernah lagi saya kunjungi situs itu.

Saya mempunyai latar belakang yang kurang menyenangkan dari lingkungan keluarga di masa lalu saya. Hal ini mungkin yang menyebabkan sifat saya menjadi introvert, sering menyendiri dan satu lagi yang sangat parah yaitu suka melamun dan berkhayal atau berimajinasi. Saya suka berimajinasi semenjak saya mulai bisa membaca diawal-awal kelas 1 SD ( saya tidak sekolah TK). Semenjak bisa membaca ini, minat baca saya sangat tinggi. terutama buku-buku sejarah dan buku -buku Fiksi serta buku-buku cerita yang lain. Ada hal yang jelek yang saya lakukan waktu masih SD, banyak buku koleksi perpustakaan sekolah yang saya pinjam tidak saya kembalikan. Hali ini memungkinkan karena memang buku-buku yang dipinjam oleh murid-murid tidak direcord. Karena saat itu kita asal ambil saja buku yang mau dipinjam. Biasanya inspirasi untuk berimajinasi timbul dari buku-buku yang saya baca. Imajinasi berupa jalinan cerita yang saya susun sendiri dalam benak saya. Saya yang jadi sutradara dan biasanya pemeran utamanya saya juga. Dalam satu jalinan cerita yang saya imajinasikan itu biasanya berlangsung berhari-hari bahkan mingguan. Hal ini saya lakukan pada saat tidak ada kerjaan atau waktu menjelang tidur.

Sayangnya imajinasi yang saya lakukan berupa jalinan cerita itu hilang begitu saja setelah ceritanya habis karena saya tidak pernah mengalihkan hasil imajinasi saya ke dalam bentuk tulisan. Andai saja hasil imajinasi saya itu dituliskan mungkin sudah menghasilkan puluhan bahkan ratusan naskah cerita. Bagaimana tidak saya melakukan hal itu dari umur 7 tahun, hingga sekarang umur32 tahun saya masih sering melakukannya. Tentu saja diluar sepengetahuan istri saya (karena memang hanya diangan-angan saja). tapi sering saya ditegur istri karena ketahuan lagi bengong sambil tiduran..he..he..

Setelah membaca pengalaman penulis-penulis yang sukses di pasar seperti Safir senduk, Eddy Zaques,TDW, Habiburahman Elshirazy sampai Andrea Hirata dengan tetralogi "Laskar Pelangi"nya. Saya jadi terpacu juga untuk menuliskan hasil imajinasi saya tersebut. Selain keinginan dari segi finansialnya. Tetapi juga keinginan untuk berbagi dengan pembaca siapa tahu dengan membaca tulisan saya nantinya ada orang lain terinspirasi dengan tulisan saya yang bisa memicu kearah yang lebih baik, apapun itu bentuknya.

Saat ini saya sedang menulis naskah. mudah-mudahan dalam tahun ini saya bisa menyelesaikan tulisan ini dan bisa berbagi dengan orang lain. Kalaupun tidak diterbitkan dalam bentuk buku karena tidak komersiilnya tulisan saya sebagai pemula. Paling tidak saya bisa jadikan ebook atau bisa saya upload di blog saya nantinya. Ngomong-ngomong soal blog, sebenarnya saya sudah cukup lama punya blog sendiri di www.wahyudi-batam.blogspot.com tapi akhir-akhir ini saya sangat jarang mengupdate contentnya. Blog itu berisi perjalanan usaha sambilan saya dan juga petikan dari tulisan bebrapa orang wirausahawan.

Setelah punya keinginan untuk menulis, sekarang setiap pulang kerja saya luangkan waktu untuk melanjutkan tulisan saya, minimal mendapatkan satu paragrap. Kemudian saya teringat kembali situs pembelajar.com. setelah mengunjungi situs tersebut saya dapatkan artikel-atikel Write and Grow Rich yang ditulis oleh Eddy Zaqeus. Tulisannya sangat menginspirasi. Di Pembelajar.com juga menyediakan Forum Bersama mudah-mudahan tulisan ini bisa dimuat disitu juga ya, paling tidak sebagai langkah awal tulisan saya dibaca oleh orang lain.

Ada tips atau kebiasaan Penulis Best Seller yang dituliskan oleh Mas Eddy Zaqeus di artikelnya. Yaitu Bank Data Naskah. Saat ini saya sudah menuliskan ide-ide tulisan saya di bank naskah hingga saat ini sudah ada 6 tema. Kalau dibandingkan Bank Naskahnya Mas Eddy Zaqeus yang mencapai 700 tema memang nggak ada apa-apanya. Tapi paling tidak sudah ada langkah kecil yang dilakukan.

Mas Eddy, Tolong beritahu saya milis-milis mengenai kepenulisan yang bisa saya ikuti untuk menambah wawasan. Bisa nggak email saya wahyudi@cei.com.sg di add in ke milisnya Penulisbest seller walaupun saya belum menjadi penulis best seller.
Saya pinjam salamnya ya!

Salam Best Seller!

No comments: