Sunday, June 08, 2008

Tour de Mall in Batam(Bag. 1)

Pada kesempatan saat ini penulis ingin mengajak pengunjung blog ini untuk menelusuri Batam dengan melihat-lihat atau saya namakan tour ke mall-mall di Batam. Batam selain sebagai kota industri juga dikenal sebagai kota tempat belanja. Di Batam banyak sekali terdapat mall-mall yang menawarkan wisata belanja yang sangat menarik bagi warga Batam dan juga wisatawan yang berkunjung ke Batam. Kita mulai perjalanan ini dari :

Mall Panbil

Mall Panbil terletak di Kawasan Industri dan Perdagangan Panbil atau dikenal dengan Panbil Mall and Trade Center (PMTC) di wilayah Mukakuning. Mall Panbil mempunyai lokasi yang sangat strategis di dalam Kawasan Industri Panbil dan di depan Kawasan Industri Batamindo, yang merupakan kawasan industri terbesar di Batam dengan jumlah pekerja sekitar 60.000 orang. Pasar yang sangat besar inilah yang dibidik oleh Mall Panbil sebagai konsumen bagi tenant-tenant yang berbisnis di Mall ini.

Tenant utama yang beroperasi di Mall Panbil adalah Ramayana Departement Store pemain ritel nasional yang menguasai sekitar 50% dari space Panbil Mall yang memiliki tiga lantai. Ramayana menggunakan separo ruangan mall ini dari lantai satu hingga lantai tiga.

Selain Ramayana tenant-tenant besar lainnya adalah KFC waralaba asing kelas internasional, Kharisma Toko Buku, Juwis Optical, Game Zone dll. Food court di lantai tiga menyediakan aneka macam kuliner yang bisa menggoyang lidah pengunjung, baik aneka makanan lokal, nasional maupun internasional.

Mall Panbil adalah pusat ritel fashion di Batam dengan pangsa pasar anak-anak muda yang notabene adalah para pekerja di Industri sekitar Mukakuning, terutama untuk fashion Muslim merupakan terbesar di Batam. Mall Panbil juga pusat perdagangan elektronik, Hand phone serta aksesorisnya.

Selain Mall, kawasan perdagangan ini juga dikelilingi pusat perkantoran dan bisnis di ruko-ruko yang mengelilingi mallnya. Dikawasan ini banyak terdapat kantor-kantor Bank, klinik kesehatan, supplier penyuplai kebutuhan industri dan Warnet banyak beroperasi disini.

*********************

Plaza Batamindo

Mall kedua yang akan kita kunjungi adalah Plaza Batamindo. Dari namanya kita bisa tahu bahwa letak plaza Batamindo berada di dalam Kawasn Industri Batamindo Mukakuning. Letaknya berseberangan dengan Mall Panbil.

Tenant utama dari Plaza Batamindo adalah Supermarket Astaka yang mengambil hampir seluruh space di lantai satu. Plaza Batamindo terdiri dari empat lantai dengan lantai 4 digunakan sebagai food court yang melayani makan bagi pekerja-pekerja di Kawasan Industri Batamindo terutama saat makan siang.

Lantai dua dari plaza ini merupakan pusat mesin anjungan tunai dari beberapa bank. Selain itu disini juga terdapat beberapa kios yang menjual perlatan elektronik, HP dan aksesorinya, terdapat juga toko emas dan kantor cabang Bank BUMN serta Fashion terutam fashion muslim.

Lantai tiga dari Plaza Batamindo adalah berisi tenant yang menjual fashion, toko buku dan perlengkapan yang pangsa pasarnya terutama untuk anak-anak muda khusunya pekerja industri Mukakuning.

Plaza Batamindo merupakan tempat nongkrong para pekerja yang tinggal di dormitory di dalam kawasan industri ini yang jumlahnya puluhan ribu, yang ingin sekedar jalan-jalan atau yang ingin melepaskan kepenatan setelah seharian bekerja.

***********************

Mega Mall Batam Center

Perjalanan kita lanjutkan ke Mega Mall Batam Center. Mall yang merupakan salah satu mall terbesar di Batam ini terletak di pusat pemerintahan kota Batam. Mall ini dikelilingi oleh kantor-kantor pemerintahan seperti Kantor Pemko Batam, Kantor Imigrasi, Bank Indonesia, Kantor Otorita Batam, Gedung Sumatra Promotion Center, Gedung Telkomsel dan Terminal Ferry Internasional Batam Center. Untuk menarik wisatawan asing yang masuk ke Batam maka di buatlah jembatan yanglangsung menghubungkan antara Terminal Internasional ferry Batam center ke Mega Mall ini.

Gedung Mega Mall yang terlihat mewah ini memang membidik pasar untuk kalangan menengah ke atas dan para wisatawan asing yang masuk ke Batam khususnya yang masuk dari Terminal Ferry Batam Center.

Tenant-tenant utama baik nasional maupun internasional banyak beroperasi di mall ini diantaranya adalah, Hypermart, Matahari, KFC, J-Co, BreadTalk, Es Teler 77, Time Zone, Toko Buku Kharisma dan butik-butik bermerk internasional serta bioskop beroperasi di mall ini.Di Mega Mall juga terdapat beberapa kafe yang dipakai sebagai tempat untuk kongkow-kongkow dan untuk berinteraksi bisnis. Kafe-kafe disini biasanya dilengkapi dengan hotspot gratis untuk akses internet sebagai fasilitas untuk memanjakan konsumennya.

Di Mall yang mewah ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan asing terutama dari Singapura dan Malaysia. Bagi Anda yang ingin berbelanja barang-barang eksklusif seperti produk fashion bermerk internasional maka Mega Mall inilah tempatnya.

(BERSAMBUNG to next Tour de Mall in Batam)

********************

Wahyudi From Batam with Smile; http//wahyudi-batam.blogspot.com

4 comments:

Anonymous said...

Bisa minta emailnya? mo tanya2 tentang biz di batam nich. kalo ngak tolong email ke scr26x@yahoo.com.sg. thx

Wahyudi said...

Hi, terima kasih atas commentnya ya. untuk kontak saya silahkan kirim email ke wahyudi@cei.com.sg.
Thank's

Selamat tour ke batam said...

infonya lengkap juga, gw juga lagi bikin blog tentang tour di batam nih yang berminat silahkan maen-maen ke blog gw, siap melayani pertanyaan2 teman

lisa
tourbatamtour.blogspot.com

wahyudi said...

Salam kenal juga, saya sudah lihat blog anda. cukup informatif, sering di update ya!!