Friday, May 30, 2008

Taman Internet Engku Putri, Gerbang Masyarakat Batam ke Pusat Informasi Global

Beberapa bulan yang lalu, di kota Batam telah dibangun Hot spot gratis berlokasi di Alun-alun Engku Putri. Hot spot ini diberi nama "Taman Internet Engku Putri". Gagasan dibangunnya taman internet ini datang dari Wakil Walikota Batam Bp. Ria Saptarika, bekerjasama dengan provider PT. Telkom dengan Speedy nya. Taman internet ini berada di samping kantor Walikota Batam dan di seberang Masjid Raya Batam center. Kemunculan Taman Internet ini serta merta merubah fungsinya, yang tadinya sebagai tempat olahraga dihari libur dan tempat nongkrong, kini berubah sekaligus menjadi sebuah taman yang lebih intelek dan berteknologi.


Setiap hari di Taman Internet ini dipenuhi oleh orang-orang yang haus akan informasi. Tua muda, Laki-laki perempuan terlihat berbondong-bondong silih berganti datang menjinjing laptop, mungkin bagi masyarakat kebanyakan laptop masih merupakan barang yang cukup mewah. tapi dengan perkembangan perekonomiannya masyarakat Batam sudah cukup biasa memiliki benda pintar yang cukup dijinjing itu.

Animo masyarakat Batam yang cukup tinggi akan kebutuhan informasi melalui internet sebenarnya tidak hanya bisa dilihat dengan adanya taman internet gratis ini, tapi juga perkembangan warnet-warnet yang sangat luar biasa beberapa tahun belakangan ini sangat fantastis. Pertumbuhan warnet yang sangat pesat ini berarti kebutuhan akan akses informasi yang diperlukan oleh masyarakat sangat tinggi. Ini menandakan pengetahuan masyarakat Batam tidak kalah dengan masyarakat- di kota-kota besar lain di Indonesia. Adalah hal yang sangat membanggakan ditengah hiruk-pikuk industri di Batam, masyarakatnya mempunyai kemauan yang besar untuk selalu belajar.

Penulis pernah mengusulkan kepada Wawako Bp. Ria Saptarika melalui websitenya www.riasaptarika.web.id untuk membangun taman-taman internet (hot spot) gratis lainnya di komplek pemukiman yang padat penduduknya. Usulan dari penulis ditanggapi dengan positif oleh Pak Wawako. Dengan semakin melek akan informasi maka akan semakin luas wawasan masyarakat akan perkembangan dunia di segala bidang. Seiring kemajuan teknologi informasi maka siapa yang menguasai informasi dialah yang akan menguasai dunia.

Thank's & Rgds,

Wahyudi

No comments: