Thursday, May 15, 2008

Mukakuning, Pusat Industri Manufaktur Elektronik Batam

Mukakuning, mendengar kata itu dalam benak orang Batam akan terbayang kawasan industri besar pusat produksi barang-barang elektronik. Di daerah Mukakuning ini terdapat Kawasan Industri terbesar di Batam yakni Kawasan Industri Batamindo, kawasan Industri Batamindo dibangun awal tahun 90-an. sekitar awal 2000-an menyusul kawasan Industri dan pusat perdagangan Panbill juga dibangun,yang berada di sebelah Kawasan Industri Batamindo. Dengan adanya dua kawasan industri besar ini di Mukakuning, mendorong geliat pertumbuhan ekonomi khususnya di Mukakuning dan Batam pada umumnya maju sangat pesat. Selain Kawasan Industri daerah ini pun tumbuh menjadi pusat perdagangan. Dengan membidik pasar dari kalangan pekerja industri di kawasan industri Batamindo dan Panbill maka daerah ini merupakan pasar yang sangat potensial.

Tak pelak lagi kalau Pusat perdagangan Panbill yang terdiri dari Panbil Mall dan ruko-rukonya penuh oleh tenan-tenan yang beroperasi di kawasan ini. Selain pusat perdagangan Panbil, di dalam Kawasan Industri Batamindo juga ada Plaza Batamindo yang mengakomodasi kegiatan berbelanja atau sekedar nongkrong dan jalan-jalan bagi para penghuni dormitory yang notabene adalah karyawan perusahaan yang ada di dalam komplek Kawasan Industri Batamindo. Kedua kawasan ini merupakan magnet bagi para pengusaha untuk memasarkan produknya ke kawasan ini. Baik untuk membidik pasar bagi masyarakat di kawasan Mukakuning ataupun menyasar ke industri- industri yang banyak berusaha di kedua kawasan. Dengan membidik industri yang ada di kedua kawasan ini tentunya akan memberikan nilai materi yang lebih besar meski dengan tuntutan kualitas yang tinggi juga tentunya. Sedang untuk membidik pasar masyarakat atau penduduk yang ada di sekitar Mukakuning, akan lebih banyak dibutuhkan usaha-usaha kecil, menengah dan mikro untuk memenuhi kebutuhan primer dan skundernya.

Dilihat dari segi infrastrukturnya kedua kawasan industri ini sudah cukup ideal sebagai kawasan industri yang mengakomodasi investor-investor tingkat dunia, terutama Kawasan Industri Batamindo. Dari segi supplai energi terutama energi listrik Kawasan Industri ini sudah mempunyai pembangkit listrik sendiri untuk menyuplai energi listrik ke tenan-tenannya. Ini terbukti dengan hampir tidak pernah terjadi mati listrik di kawasan industri tersebut. Suplai energi listrik ini adalah salah satu infrastruktur terpenting untuk menarik investor. Apalah jadinya kalau kita ingin menarik investor tetapi pemerintah tidak bisa menjamin ketersediaan energi listrik karena energi inilah jantung agar produksi mereka bisa berjalan.

Selain suplai energi listrik, suplai air ke kawasan industri di Mukakuning juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Untuk instalasi jaringan air bersih ini dilakukan oleh satu-satunya perusahaan air minum swasta yang mengelola seluruh suplai air bersih di Batam, yakni PT Adhya Tirta Batam. Suplai air bersih di kawasan industri di Mukakuning kondisinya sangat lancar selama ini.

Infrastruktur jalan di Mukakuning adalah salah satu jalan yang kondisinya terbaik di Batam. Hal ini bisa dilihat dari kondisi jalan yang mulus, besar dan ada dua jalur. Infrastruktur jalan yang bagus ini sangat membantu proses distribusi produk-produk yang dihasilkan untuk dikirim ke pelabuhan untuk ekspor, demikian juga sebaliknya barang-barang yang didatangkan dari luar Batam dengan cepat bisa masuk ke setiap perusahaan yang ada di Mukakuning.

Selain mengakomodasi investor, Kawasan Industri Batamindo mengakomodasi infrastruktur bagi para karyawan yang bekerja diperusahaan-perusahaan yang ada di kawasan industrinya. Seperti dormitori. setiap perusahaan yang merekrut karyawannya dari luar P. Batam bisa menempatkan karyawannya tersebut di dormitory yang ada di dalam kawasan industri, sehingga karyawan akan lebih dekat dari tempat kerja dan pihak perusahaan bisa lebih mudahmengontrol kondisi karyawannya yang datang dari luar P. Batam. Selain itu dibangun juga fasilitas Pujasera yang menjual beraneka makanan yang sangat diperlukan oleh para karyawan saat istirahat untuk makan siang maupun makan malam bagi yang masuk kerja malam, disamping juga untuk para karyawan yang tinggal di dormitori.

Untuk kepentingan religius, terdapat juga tempat-tempat ibadah seperti masjid dan gereja. Fasilitas untuk olahraga dan berorganisasi pun disediakan oleh pihak Kawasan Industri Batamindo seperti lapangan sepak bola, basket, voli dan community centre sebagai pusat kegiatan sosial kemasyarakatan.

Dengan kondisi Mukakuning dengan kawasan industrinya baik Batamindo maupun Panbil tak pelak lagi bila kawasan ini merupakan kawasan yang bisa ditawarkan kepada para investor baik asing maupun domestik dengan segala kelengkapan infrastrukturnya untuk lebih besar lagi membuka lapangan kerja dan menumbuhkan perekonomian Batam khususnya dan Indonesai pada umumnya. Dengan keunggulannya seperti ini tinggal ke agresifan dari pemerintahlah yang ditunggu untuk lebih mempromosikan Batam, khususnya kawasan Mukakuning, ke pentas dunia untuk menarik lebih banyak lagi investor. Tentunya selain letak geografis Batam yang sangat strategis berdekatan dengan Singapura sebagai pusat perdagangan dunia dan juga berdekatan dengan Selat Malaka sebagai jalur lalu lintas perdagangan terpadat di dunia.

Oleh : Wahyudi ; http//wahyudi-batam.blogspot.com
Obsesi untuk Membranding Batam ke Pentas Dunia

No comments: