Thursday, May 22, 2008

Dam Mukakuning, Danau Lembut diantara Deru Industri

Dam Mukakuning adalah sebuah danau alam air tawar yang terletak di daerah Mukakuning. Danau ini terbelah oleh jalan raya utama yang menghubungkan antara Mukakuning dan Batu Aji. Untuk masyarakat yang tinggal di Batu Aji dan bekerja di Kawasan Industri di Mukakuning seperti Batamindo dan Panbil, maka setiap hari pulang dan pergi kerja akan melewati danau tenang nan lembut ini.

Danau Mukakuning merupakan pemasok kebutuhan air bersih di Batam yang dikelola oleh PT. Adhya Tirta Batam. Karena perannya yang sangat penting sebagai penyangga kehidupan seluruh masyarakat Batam ini maka keberadaan hutan disekitar Dam Mukakuning ini sangat penting sebagai penyerap dan penyimpan air hujan yang ditampung di danau ini. Bisa terlihat hutan yang menghijau mengelilingi danau menambah keindahan dan kelembutan air yang tenang tanpak riak.

Danau yang terletak di dekat pusat industri terbesar di Batam yakni Kawasan Industri Batamindo, seakan menjadi pelipur kesuntukan pikiran bagi para pekerja yang seharian dijejali oleh rutinitas kerja. Danau yang terbelah oleh jalan raya Mukakuning-Batu Aji ini seolah selalu siap sedia untuk menjadi tempat curahan penat bagi hati yang sedang dilanda stress. Airnya yang jernih berkilau ditimpa oleh sinar matahari Batam yang bersinar begitu terik. Dengan kejernihannya seolah bisa menyejukkan seterik apapun mentari bersinar.

Kelembutan air danau Mukakuning mampu membelai jiwa-jiwa yang ingin menyegarkan kembali kalbunya. Semilir angin yang berhembus di danau ini bagaikan usapan lembut yang bisa membuat terlena insan-insan yang menginginkan kedamaian. Semak dan perdu tumbuh subur di sekeliling danau menambah warna-warni yang menjadikan keindahan itu semakin nyata.

Sejauh mata memandang air tenang danau, dilatarbelakangi oleh hijaunya hutan bagaikan pagar yang menjadi tameng sebagai pelindung danau dari tangan-tangan kotor tak bertanggung jawab. Pohon-pohon besar kecil berjejer bagaikan prajurit yang dengan disiplin menjaga sekaligus penghias danau, seperti lukisan indah ciptaan seniman besar dunia. Menikmati keindahan danau Mukakuning akan lebih lengkap lagi sambil memancing ikan yang banyak berkeliaran di dalam air yang jernih. Akan terasa lengkap menyalurkan hobi memancing sambil menikmati sajian keindahan alam danau Mukakuning.

Andai saja ada perahu-perahu yang bisa dipakai untuk mengarungi kelembutan dan ketenangan air danau. Maka akan semakin banyak lagi kenikmatan yang bisa direngkuh dari wisata alam danau Mukakuning. Bila saja kita bisa menembus hutan hijau dan lebih banyak lagi mengeksplorasi misteri keindahannya mungkin akan semakin dalam kebahagiaan yang bisa dirasakan oleh jiwa yang rindu akan keasrian dan keaslian alam di sekeliling Dam Mukakuning.

Kesadaran masyarakat dan wisatawan untuk menjaga kelestarian alam di Danau Mukakuning sangat diperlukan agar keindahan dan kelembutannya tetap lestari. Kelestarian danau Mukakuning perlu dijaga agar selalu bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Dan supaya fungsinya sebagai penyangga kehidupan masyarakat Batam akan kebutuhan air bersih selalu bisa dirasakan dan tidak terganggu karena kelalaian manusia yang tidak punya kesadaran akan arti penting dari Dam ini.

Wahyudi ; http//wahyudi-batam.blogspot.com
Terinspirasi oleh keindahan dan kelembutan alam di danau Mukakuning.

No comments: