Sunday, July 27, 2008

Develop Your Talent, Kembangkan Bakatmu

Jam menunjukkan pukul .9.30 pagi, suasana Batam pagi ini mendung. Gerimis rintik-rintik mulai turun. Pagi ini aku akan mengikuti seminar yang diselenggarakan oleh FLP Ranting Batamindo di Community Center Kawasan Industri Batamindo. Tema seminar yang akan saya ikuti ini adalah "Develop Your Talent" yang akan dibawakan oleh Bp. Arif Raman Hakim seorang Motivator & Self Development Trainer yang juga HRD Manager PT UNISEM.

Saya mendapatkan informasi training in dari Mbak Hani salah seorang pengurus FLP Batamindo saat saya mendaftarkan diri menjadi anggota FLP Batamindo tanggal 25 July kemarin. Akhirnya keinginanku untuk menjadi anggota organisasi penulis Forum Lingkar Pena itu terkabul setelah sekian lama tertunda-tunda karena berbagai alasan.

Kupacu Kiranaku dengan kecepatan sedang, setelah kuberikan salam dan cium sayang untuk istri dan anak-anakku tercinta. Kiranaku meluncur ditengah gerimis rintik-rintik yang membasahi jalanan Batam yang membuat aspal menjadi licin. Ditengah suasana pagi yang redup danau Mukakuning yang jernih dikelilingi pepohonan menghijau yang baru saja kulewati terlihat semakin indah dalam belaian dingin yang menyelimuti, padahal biasanya udara Batam panas menyengat.

Jam 10 tepat Seminar dimulai dengan bacaan Basmalah. Peserta yang hadir baru sedikit dan didominasi oleh peserta akhwat sedang yang ikhwan hanya ada lima orang termasuk saya. Tapi peserta semakin lama semakin banyak karena mereka datang terlambat mungkin disebabkan oleh gerimis.

Dari seminar yang dibawakan oleh Pak Arif ada beberapa hal yang bisa aku rangkumkan disini. Definisi talent atau gifted adalah kemampuan alami yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu dengan jauh lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Talenta atau bakat juga bisa menjadi asset atau modal yang diberikan Alloh kepada manusia untuk dapat berkembang dalam hidupnya. Banyak orang menjadi sukses dan berhasil dalam hidupnya karena bakat yang dimilikinya.

Bakat atau talenta yang merupakan karunia Alloh pada hambanya adalah potensi keunggulan yang hanya akan muncul jika dikembangkan. Oleh karena itu seseorang perlu mengetahui potensi keunggulan yang dimilikinya. Untuk mengetahui potensi diri bisa dilakukan dengan cara-cara berikut :
1. Buat daftar aktifitas atau kegiatan yang membuat anda senang dalam melakukannya, misalnya bermain musik,
menulis, olahraga, membuat kerajinan, membuat program.

a. Anda merasa tidak terpaksa dalam melakukannya.
b. Anda merasa mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan kemampuan anda dibidang yang sedang
anda lakukan.

2. Buat pencapaian-pencapaian yang sudah pernah diraih dari daftar yang dibuat di atas. Lakukan analisa dan
lihat posisi pencapaian tersebut ;

a. apakah ada kecenderungan meningkat dari satu pencapaian ke pencapaian berikutnya?
b. Aktifitas mana yang lebih sering meraih pencapaian yang menonjol?
c. Dibandingkan pencapaian yang diraih orang lain, apakah pencapaian anda mengungguli pencapaian yang
diraih orang lain?

3. Minta pendapat kepada orang lain tentang pencapaian yang anda raih dari aktifitas yang anda senangi tersebut
a. Bisa ditanya secara langsung
b. Mendengar komentar tentang pencapaian anda dari orang lain.
4. Mengikuti kompetisi adalah salah satu jalan yang bisa dilakukan untuk mengetahui pencapaian anda
dibandingkan pencapaian orang lain.


Untuk dapat berkembang, talenta atau bakat membutuhkan usaha dan kondisi yang sesuai. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bakat adalah :
1. Berlatih. Lakukan latiha yang teratur dan terstruktur.
2. Perluas wawasan tentang bidang yang menjadi bakat. Seperti melalui buku bacaan dan forum komunikasi.
3. Lakukan expossure yaitu upaya untuk menampilkan bakat dihadapan publik atau orang lain. Seperti ikut
turnamen dan lomba-lomba atau
mengirimkan tulisan-tulisan atau karya ke media komunikasi.
4. Evaluasi kembali pencapaian dalam bidang yang digeluti. Identifikasi ruang-ruang perbaikan yang dapat
dilakukan untuk meningkatakan
pencapaian.
5. Tindak lanjuti hasil evaluasi dengan melakukan tindakan perbaikan.


Manfaat yang dapat diperoleh dari talenta atau bakat yang berkembang adalah kesuksesan yang bisa diraih dibidang yang anda geluti dan dampaknya tidak hanya non materiil, talenta atau bakat bisa memberikan keberhasilan dalam hal materiil.

Tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan bakat ini adalah masalah waktu. Waktu sering menjadi tantangan apalagi bagi orang-orang yang bekerja. Kesibukan dalam melakukan pekerjaan bisa menyebabkan seseorang tidak sempat mengembangkan bakatnya. Diperlukan mangement waktu yang baik untuk mengatasinya.

Tantangan yang lain adalah masalah keuangan sering menjadi kendala untuk mengembangkan bakat. Namun hal itu bisa diatasi dengan cara mencari sponsor atau bergabung dengan klub-klub yang memiliki penyandang dana.
Ketersediaan fasilitas merupakan hal penting bagi pengembangan bakat. Keterbatasan fasilitas bisa menghambat pengembangan bakat. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan sinergi dengan orang lain yang mempunyai bakat yang sama dengan cara membentuk komunitas atau organisasi sehingga memungkinkan untuk mengupayakan fasilitas yang diperlukan. Tantangan lain yang dihadapi adalah lingkungan yang tidak kondusif. Hal ini bisa diatasi dengan memilih pindah ke lingkungan yang lebih kondusif adalah pilihan yang baik.

Talenta atau bakat adalah rahmat Alloh yang harus disyukuri. Bentuk rasa syukur ini dapat berupa mengembangkan talenta tersebut dan menggunakannya untuk kemanfaatan bagi kemanusiaan. Jauhkan diri ari rasa sombong dan takabur atas bakat yang dimiliki.

2 comments:

Batam Digital Island Blog said...

Wah.. Bagus blognya Mas... Apalagi link penerbit bukunya tuh..Waah

Boleh tak blognya saya link-kan di Blog Batam Digital Island ? (konfirm ke sana yah misal mau :) )

Btw partisipasi yuk untuk wujudin Batam Digital Island di http://batamdigitalisland.com/blog/?p=2879

Salam

Wahyudi said...

Terima Kasih,
Silahkan di Link.