Thursday, August 07, 2008

Letak Geografis Batam

Batam yang masuk di dalam propinsi Kepulauan Riau terletak di selatan Laut Cina Selatan, dan berbatasan dengan Riau, Singapura, Malaysia, Sumatera Selatan, Jambi dan Kalimantan Barat. Pulau Batam mempunyai luas sebesar 415 Km2. Di sebelah barat laut Pulau Batam berbatasan Singapura kurang lebih berjarak sekitar 20 Km.

Di sebelah timur terdapat Pulau Bintan dengan jarak kira-kira 10 km. 550 Km sebelah timur laut Pulau Batam terdapat Pulau Natuna yang merupakan ladang minyak bumi ditengah Laut Cina Selatan.

Selain itu Batam masih dikelilingi pulau-pulau kecil yang banyak tersebar di perairan Batam. Diantara pulau-pulau besar itu adalah Pulau Rempang yang luasnya 165.83Km2 berjarak 2,5 Km sebelah tenggara Pulau Batam. Di sebelah tenggara Pulau Rempang berjarak 350 m terdapat Pulau Galang seluas 80 Km2. Dan 180 m disebelah selatan Pulau Galang terdapat Pulau Galang Baru yang luasnya 32 Km2. Pulau Batam, Rempang , Galang dan Galang Baru ini sudah dihubungkan oleh jembatan yang dinamakan dengan Jembatan Barelang yang menjadi ikon Batam saat ini. Luas keseluruhan wilayah Barelang yakni Pulau Batam, Rempang, Galang dan pulau-pulau disekitarnya adalah 715 Km2.

(sumber :http://batam.go.id)

2 comments:

iLma said...

Pak Wahyudi,
Sekedar saran, mungkin akan lebih bagus lagi kalo ditambah dengan gambar peta geografis Batam...

NINYO'S BLOG said...

20 km ya pak?
wah deket banget, bisa k S'pore untuk sekedar makan siang yah