Friday, October 17, 2008

Batamindo Inovative Quality Cycle Convention 2008

Hari ini adalah untuk kali ketiga aku memimpin tim IQC (Inovative Quality Cycle, dulu namanya QCC, Quality Control Cycle) berlaga di Batamindo IQC Convention 2008 yang diselenggarakan di Wisma Batamindo, Kawasan Industri Batamindo. Batamindo IQC Convention adalah ajang unjuk kebolehan dalam melakukan inovasi dan perbaikan (improvement) di dalam proses produksi dari perusahaan yang berada di Kawasan Industri Batamindo. Untuk convention kali ini diikuti oleh sekitar 70-an tim. Dan dari perusahaan saya,PT Surya Teknologi Batam Subsidiarizes CEI Contract manufacturing Ltd Singapore, mengirim dua tim, yakni Tim saya Challenger dan Tim Discovery.

Pengalaman saya mengikuti ajang IQC Convention bersama Tim Challenger dimulai pada tahun 2006. Pada tahun 2006 itu kami mengusung proyek perbaikan dengan judul "Mengurangi Reject Solder Short dan No solder di Process Wave Soldering pada Model Teraoka SM300 & SM500". Pada partisipasi yang pertama ini saya menjadi Leader Tim dan meraih penghargaan Silver Award. Pada saat itu kami adalah satu-satunya tim yang mewakili perusahaan saya.

Pada Tahun 2007 kembali saya memimpin Tim Challenger berlaga pada IQC Convention. Target kami harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk tahun 2007 ini perusahaan mengirim 2 tim yakni, Challenger dan Discovery. Untuk tim Challenger sendiri saat itu mengusung proyek perbaikan "Mengurangi Kecacatan Komponen Hilang/Missing Component pada Proyek Teraoka". Dan dari 2 tim yang dikirim, kedua-duanya berhasil menyabet penghargaan Gold Award. Ini adalah pencapaian tertinggi yang pernah dicapai perusahaan saya selama keikutsertaan dalam Convention sejak tahun 1999.
Untuk tahun 2008 ini kembali perusaaan saya mengirim 2 tim yang sama. Dan saya kembali memimpin Tim Challenger yang beranggotakan, Ilma Erisa (QA Eng'r), Erwin (SMT SPv), Ismet (Process Tech) dan Santi (QC Spv). Kami mengangkat perbaikan "Mengurangi Reject No Wetting di Area SMT pada Proyek Teraoka". Kami mempersiapkan proyek ini sejak bulan Februari 2008. Dan hasil dari perbaikan kami buat laporannya dan dikumpulkan ke panitia convention pada pertengahan september lalu.

Dalam rangka menghadapai convention seluruh anggota Tim Challlenger berlatih untuk mempresentasikan proyek kami sejak tanggal 6 Oktober. Dalam mempersiapkan proyek ini banyak kendala yang kami hadapi. Hal ini disebabkan karena kesibukan anggota tim yang harus melakukan job dan responsibility masing-masing. Sehingga proyek ini hanya dianggap sebagai side job yang kami diskusikan implementasinya setiap hari sabtu. Hingga tahap latihan presentasi pun banyak kendala yang kami hadapai, yaitu banyaknya Visitor, Customer, dan Customer Audit yang menggunakan Conference Room tempat latihan presentasi mengakibatkan kami harus berlatih setiap habis jam kerja.

Hingga hari H convention pada tanggal 17 Oktober, pun gangguan itu belum selesai. Kami mendapatkan schedule pertama dalam melakukan presentasi yakni, jam 08.30. Saat kami hendak berangkat ternyata Sopir dan mobil perusahaan sedang menjemput customer. Jadi kekacauan terjadi dan tidak ada koordinasi saat anggota ke-2 tim akan berangkat. Akhirnya kami berangkat ke Wisma batamindo dengan menggunakan motor masing-masing. Saya melihatnya seperti Laskar Pelangi yang mau melihat pelangi di Pantai Belitung, hanya saja sepeda onthelnya digantikan dengan sepeda motor. Kami hanya bisa menggerutu dan cengar-cengir di jalan.

Apa yang saya khawatirkan pun terjadi, saat giliran pertama Tim Challenger untuk presentasi. File presentasi lama sekali loadingnya. Hingga dewan juri berkali-kali menanyakan apakah tim kami sudah siap. Aku sempat panik. Akhirnya filenya bisa dibuka...haahhh lega...tapi jari-jariku masih gemetaran karena sisa paniknya masih terasa saat Erwin mulai membuka presentasi. Syukur Alhamdulillah...Akhirnya kami bisa melewati presentasi dan pertanyaan dewan juri dengan lumayan sukses meski ada kekurangan dan saran yang diberikan oleh dewan juri.
Setelah itu giliran Tim Discovery untuk presentasi. Kejadian yang dialami oleh Tim Challenger pun terulang. Filenya lama bangeeeeet dibukanya karena filenya bueesaaar bangeeet 100Mbs..Alammaakk. Anggota Tim Discovery pun mulai gelisah.. Walau akhirnya presentasi bisa dimulai..tapi saat giliran Pak Widodo mempresentasikan Solution Development yahhh...slide nya lama banget nongolnya..jadi tersendat-sendat presentasinya. Hingga waktu 10 menit yang diberikan untuk presentasi habis mereka belum selesai mempresentasikan proyeknya.

Tiba sesi tanya jawab.. lebih parah lagi, slide yang ditanyakan oleh dewan juri lama banget bukanya. Semua anggota tim Discovery terlihat panik sekalii. Hingga waktu berakhir slide belum juga terbuka...sungguh sayaaangggg!!!!

Selamat bertemu di IQC Convention 2009!!

10 comments:

used excavator for sale said...

haha.

walk behind loader said...

haha.

komatsu bulldozer said...

not bad.

walking excavator said...

haha.

loader rental said...

wow, very special, i like it.

front end loader said...

im your favorite reader here!

biggest bulldozer said...

very nice! hahahahaha

Agung Basuki - TravelHemat.com said...

Cukup lengkap dan informatif ulasan Anda tentang Batam. Saran saya sih dibukukan aja Mas, trus nanti bisa dijual. Kalau mau jualannya via website saya di http://www.TravelHemat.com juga boleh kok...

Wahyudi said...

Mas Agung Terima kasih atas kunjungannya. saya memang punya keinginan untuk menerbitkan buku tentang potensi ekonomi dan pariwisata Batam. hanya sekarang masih mengumpulkan data-data yang lain. thank's atas tawarannya, mudah2an kita bisa kerjasama dilain waktu.
salam
wahyudi

Yulef Dian said...

Salut atas perjuangan Mas Wahyudi...
Tapi mesti bikin judul baru untuk tahun 2009 : "Mempersingkat Waktu Loading Slide Presentasi QCC" hee hee hee, Ada tool presentasi yang bagus dan cepat "Adobe Flash" kenapa tidak di coba ? plus buat menampilkan grafik yang interaktif bisa pake Crystal Xcelsius, dijamin dech... presentasinya makin yahuuud..