Wednesday, October 29, 2008

Halal Bi Halal RISTEK 1429H


Minggu, 26 Oktober Majelis Taklim PT. Surtek Batam mengadakan Halal Bi Halal dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1429H. Hal ini dilaksanakan sebagai komitmen pengurus Majelis Taklim PT. Surtek atau yang lebih dikenal dengan RISTEK untuk selalu melakukan dakwah di lingkungan perusahaan. Acara Halal Bi Halal ini adalah kelanjutan dari kegiatan dakwah yang dilakukan pada bulan Ramadhan kemarin.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada Ramadhan kemarin diantaranya adalah, Tausiyah atau Kultum yang dilaksanakan setiap break time jam 09.00 selama 15 menit. Selain itu ada Buka Bersama yang dilaksanakan di halaman perusahaan. Buka bersama diisi dengan baca puisi oleh Pak Arif, Musik Islami oleh group Band dari perusahaan yang bernama "Outcast Band" dan tidak ketinggalan tausiyah oleh Pak Widodo. Menjelang akhir Ramadhan RISTEK juga mengadakan pengumpulan zakat dari para karyawan.

Acara halal bi halal ini diselenggarakan di beranda depan Masjid Nurul Islam, Kawasan Industri Batamindo. Kegiatan halal bi halal RISTEK ini juga disiarkan secara langsung oleh Radio RG FM (Rabbani Generation) 107 FM yang berlokasi di area Mesjid Nurul Islam juga. Untuk memeriahkan acara ini diundang group kompang (rebana) dari yayasan anak yatim piatu Tembesi. Ini sekaligus sebagai cara untuk menyantuni anak yatim dan piatu.

Sedangkan untuk tausiyah dibawakan oleh Ustad Junaidi Akbar. Dalam ceramahnya Ustad Junaidi menekankan untuk membesarkan dan memperkuat keberadaan RISTEK untuk selalu menjalankan dakwahnya. Ada empat cara untuk memperkuat RISTEK, yang pertama adakah harus selalu melakukan silaturahmi khususnya terhadap sesama anggota RITEK. Dengan bersilaturahmi maka ikatan kekeluargaan akan terjalin dan dengan sendirinya persaudaraan diantara muslim PT Surtek akan semakin kuat.

Yang Kedua, Untuk memperkuat RISTEK para anggota harus "Paham". Yang dimaksud dengan "Paham" disini adalah berilmu. Dengan ilmu kita tahu mana yang benar dan mana yang salah, mana yang haq dan mana yang bathil. Karena syaitan lebih takut pada orang yang berilmu daripada kepada ahli ibadah tapi bodoh. Karena orang bodoh lebih mudah dijerumuskan pada hal-hal yang tidak baik.

Yang Ketiga, Selalu Bertaubat. Karena manusia adalah makhluk yang tidak lepas dari kesalahan maka wajib bagi kita untuk selalu bertaubat kepada Alloh Swt. Sedangkan Nabi Muhammad SAW yang ma'sum dan dijamin surga oleh Alloh Swt saja selalu bertaubat setiap hari dengan ber-istighfar lebih dari 70 kali sehari.

Dan yang Keempat, Selalu berbuat Ikhsan. Maksudnya kita harus selalu berbuat baik kepada sesama makhluk Alloh Swt. Seperti telah diriwayatkan pada zaman Nabi, bahwa ada seorang perempuan yang pekerjaannya menjadi pelacur. Suatu ketika perempuan itu melakukan perjalanan di gurun pasir yang sedang panas luar biasa. Dalam perjalanannya perempuan itu bertemu dengan seekor anjing yang sedang kehausan hingga lidahnya terjulur keluar dan hampir mati. Karena iba perempuan itu memberi minum kepada anjing itu hingga akhirnya anjing itu selamat dari kematian. Dan dikisahkan kemudian perempuan itu meninggal dan dimasukkan ke dalam surga karena perbuatan baiknya itu. Dalam kisah lain disebutkan ada wanita sholehah yang lalai mengurung kucing peliharaan di dalam rumah dan mengakibatkan kucing itu mati karena kelaparan. Karena kelalaiannya wanita sholehah itu dimasukkan ke dalam neraka. Jadi begitu pentingnya kita untuk selalu berbuat baik kepada sesama makhluk Alloh Swt.

Selain kegiatan diatas RISTEK juga melakukan kegiatan lain seperti, pemberian beasiswa kepada anak karyawan muslim PT Surtek yang berprestasi. Beasiswa ini akan mulai diberikan pada semester depan yang kemungkinan jatuh pada bulan Desember 2008 atau Januari 2009. Dana Beasiswa ini didapatkan dari GIS (Gerakan Infaq Seribu) yang dikumpulkan setiap awal bulan dari para karyawan muslim. Kultum/tausiyah dilakukan setiap hari jum'at saat break time jam 09.00 sebagai sarana untuk memperdalam pengetahuan mengenai Islam. Juga Kajian Islam Rutin (KIR) yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali pada hari minggu di Dormitory karyawan PT Surtek. Mudah-mudahan dengan kegiatan-kegiatan ini akan semakin mempertebal keimanan muslim PT Surtek.
*****

No comments: