Monday, November 03, 2008

11th BIP IQC Convention Award Ceremony

Tanggal 30 Oktober 2008 kemarin adalah hari penganugerahan penghargaan bagi peserta 11th BIP Inovative Qualitu Cycle Convention di Wisma Batamindo. Acara ini dihadiri oleh seluruh peserta convention yang terdiri dari 63 tim dari perusahaan-perusahaan di Kawasan Industri Batamindo. Saya datang mewakili tim Challenger bersama Pak Widodo mewakili tim Discovery, dua tim dari perusahaan kami. Kontras sekali dengan peserta dari perusahaan lain yang datang beramai-ramai di dampingi oleh stake holder dan manjemennya. Gak masalah!!

Sekitar jam 14.30 WIB acara dibuka dengan sambutan dari ketua dewan juri, Bp Zainal Abidin dari Andra Consultant Singapore. Dalam Sambutannya beliau menyampaikan bahwa dari tahun ke tahun hasilnya semakin meningkat. Baik dari segi improvement yang dilakukan dalam hal ini dari saving cost yang dihasilkan. Dan juga dari kemampuan anggota tim dalam menyelesaikan masalah, hal ini bisa dilihat dari sistematika problem solving yang dilakukan. Dalam hal ini bisa dilihat dari menurunnya tim-tim yang meraih bronze dan silver award. Dan juga semakin meningkatnya tim-tim yang meraih gold dan star award.

Sambuat ke-2 disampaikan oleh GM Batamindo Investment Cakrawala, Bp Jhon Sulistiawan sebagai penyelenggara. Dalam sambutannya yang disampaikan dalam bentuk video karena berhalangan hadir, beliau menyampaikan pentingnya perusahaan membentuk tim-tim IQC untuk meningkatkan daya saing perusahaan dalam kompetisi global.

Acara yang ditunggu-tunggu pun akhirnya tiba, yakni penyerahan penghargaan kepada masing-masing tim. Dimulai dari skor terendah ke skor tertinggi. Pertama yang dipanggil adalah tim-tim peraih bronze award disusul dengan silver award.

Kami menyimak panggilan dari pembawa acara dengan hati berdebar-debar. Terutama Pak Widodo yang pada saat presentase mengalami kendala saat slidenya mogok tidak mau loading saat juri memberikan pertanyaan. Targetnya kali ini tidak lebih buruk dari tahun lalu, yakni Gold Award, (malu sama boss kalau sampai turun..he..he).

Kami melonjak kegirangan saat pembacaan peraih Silver award telah selesai dan tim kami belum dipanggil. Artinya tim kami minimal mendapat Gold Award, syukur-syukur dapat Star Award ( sesuai dengan obsesiku). Setelah sekitar 5 tim dipanggil sebagai peraih Gold Award, akhirnya tim Discovery juga dipanggil sebagai peraih Gold Award ( target tercapai).

Kini giliranku yang menunggu dengan harap-harap cemas. Apakah obsesiku akan tercapai?? Sudah setengah tim peraih gold award dipanggil, seperti yang diinformasikan oleh juri bahwa peraih gold sebanyak 60% dari 63 tim artinya sekitar 36 tim. Lebih dari 2/3 tim peraih gold sudah dipanggil. Dan hingga saat itu tim saya, Challenger, belum juga dipanggil. Hatiku makin dag-dig-dug dan tangan mulai gemetaran, duduk pun sudah tidak tenang. Dalam hati aku berdoa “Ya Alloh kabulkan harapanku”. Lebih dari 30 tim peraih gold award sudah dipanggil, lagi-lagi tim Challenger belum dipanggil juga. Dan akhirnya.... Tim Challenger meraih.......GOLD AWARD. Ada rasa kecewa di dalam hati. Karena Tim Challenger duduk pada posisi ke-3 tertinggi dari peraih Gold award, artinya tiga tangga lagi Tim Challenger nyaris menyabet Star Award. Tapi tetap semangat..Star Award akan kami raih tahun depan.


Peraih Star Award ada 6 tim yang didominasi oleh PT. Perkin Elmer Batam dengan 5 tim dan PT Unisem dengan 1 tim. Sebagai tim terbaik adalah Bright Team dari Perkin Elmer. Sedang peraih Best Company adalah PT Unisem yang dinilai dari akumulasi nilai tim-tim yang ikut berlomba. PT Unisem adalah perusahaan yang menurunk tim palin banyak dan rata-rata meraih gold award meski peraih star awardnya hanya satu tim saja.

Sampai Jumpa di”12th BIP IQC Convention 2009”. See you at the Top.


1 comment:

galasoka said...

Salam kenal mas...

Sampai ketemu di kontes IQC ke 12 di Batamindo...

Tahun 2008 kemarin alhamdulillah team saya "Iki Iku Iso" dapet "Star Award"...

Apakah project berikut-nya sudah siap...?

Tapi itu klo belum ada PHK'an lho mas...?