Tuesday, November 04, 2008

Putriku, Ujian Mid Semester

Tanggal 20 – 23 Oktober 2008 putri sulung saya, Wahyu Anggari Prameswari (Anggi) yang duduk di kelas 1 SDN 003 Batu Aji menjalani ujian Mid Semester tahun ajaran 2008/2009. Jadwal Ujiannya seperti di bawah ini :
1. Senin Bahasa Indonesia
20 Okt 2008 Agama
2. Selasa Matematika
21 Okt 2008 Bahasa Inggris
3. Rabu IPA
22 Okt 2008
4. Kamis IPS
23 Okt 2008 PpKN
Bunda Anggi (Istriku) mendampingi putri kami belajar setiap hari, baik sepulang sekolah maupun malam hari menjelang tidur.

Ujian anak-anak SD kelas 1 sekarang ini sungguh jauh berbeda dengan saat saya SD dulu. Pada saat ujian catur wulan waktu dulu saya dan teman-teman belum ada yang bisa membaca. Jadi kalau ujian soal ujian dibacakan oleh guru, dan kami disuruh melingkari huruf pada jawaban yang dianggap benar. Metode ujian ini berlangsung hingga kelas 2 SD, karena saat kelas 2 SD pun banyak temanku yang belum bisa baca.

Tapi saat ini anak-anak TK harus sudah dituntut bisa membaca. Seperti putriku, Anggi, sudah bisa membaca saat awal masuk TK besar. Dan sistem ujian saat ini jauh berbeda, anak-anak kelas 1 SD itu diberi soal esai, artinya si murid harus mengisi jawaban dengan kemampuan yang didapatkan saat belajar dengan guru sebelumnya. Belum lagi murid-murid harus memahami maksud dari pertanyaan yang tertulis dalam lembar soal. Sungguh pendidikan sekaran sudah jauh bergerak ke depan. Tapi kenapa pendidikan di Indonesia masih terbelakang??
Dan tanggal 3 November 2008 putriku Anggi mendapatkan nilai hasil ujian mid semester 1. Hasilnya cukup bagus, dan sayan dan bundanya cukup puas, meski nilai Bahasa Inggris masih 60, Matematika dan Agama 70. ini sudah membuat kami bangga karena putri kami bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Putriku kejarlah cita-citamu setinggi langit. Jadilah anak yang berguna bagi diri pribadi, orang tua, bangsa dan agamamu, Nak!

No comments: